Pages

Sunday, March 16, 2008

SKID ROW

ExDriveIn Ancol
7 Maret 2008



Ngambang..
Itu kesan yang terasa/tersisa kelar konser SkidRow di ExDriveIn Ancol, dari komentar dua orang yg jadi temen gw nonton malam tadi (sepupu gw Harry B. & temen KIS FM Bubu).

Gw pribadi sih netral, gak oke tapi gak drop juga.

Ada beberapa hal yg bikin konser ini gak nendang. Dari sisi shownya, SkidRow terlalu cepet bubaran.. masak jam 23 udahan? Jadi, karena kali ini gak ada freepass & beli tiket 100rb, rasanya kok rugi..

Mungkin gak terasa bngt, kalo Snake Sabo gak absen manggung. Kata seseorang sesama penonton, gitaris itu kena cekal di Amrik karna kasus narkoba atau apalah. Padahal gitaris itu sdh sangat identik dng SkidRow. Scotti Hill, dari sisi skill memang gak kalah gape, tapi masih kalah dari sisi karisma.

Beberapa hal yang lain, gak khusus terkait dng show di Indonesia. Susahnya, buat SkidRow, ada beberapa masalah yang saling terkait:
  • Album terkini mereka yg gak dikenal
  • Sebagian besar penonton mengharapkan lagu2 era Sebastian Bach
  • Komposisi konser mereka dibikin sama banyak antara lagu lama & baru
  • Vokal Johnny Salinger yg gak gape ngebawain lagu2 era Bach
Jadi serba salah. Alasan mereka membatasi lagu2 lama, memang ada benernya karena semua band pasti pingin maju terus & gak cuma dikenal dari lagu lamanya. Tapi album baru mereka kurang promosi dan bisa dibilang gak dikenal orang.. Ada satu hal lagi yg bikin kesel, tapi mungkin masalah klasik. Band pembukanya gak oke. MC juga gak oke. LogGuns, yg dipromosikan sbg anak didiknya Log Zhelebour, kurang oke dari sisi vokal yg dibilang Harry "datar", meski dari sisi musik lumayan asik. Menurut gw, vokalnya memang sengaja diset seperti tren warna vokal band2 lokal sekarang, korban mode rupanya.. Usaha mereka bawain 'Enter Sandman' gak sukses. Kobe, dari Jatim, lebih garang, walaupun mainnya kalah rapi. Toh capek juga ngedengerin lima lagu mereka. Apalagi penutupnya 'Putri' dari Jamrud.. Kalo dipikir, rasanya waktu yg dipake kedua band pembuka ini jadi sama panjangnya sama waktu manggungnya SkidRow.. Mungkin ini juga sebabnya SkidRow jadi kerasa terlalu cepat kelar. MC terlalu muda. Cuma nyambung sama anak2 di depan panggung, sementara senior2 di bagian belakang (termasuk gw) pada kesel pengen nimpuk.. Masak pas soundcheck & ada lagu background bagus (AC/DC lagi, tapi gw gak tau judulnye) dia ngomong terus gak jelas antara sok lucu atw bikin penonton marah. Padahal parah juga kalo ada yg beneran nimpuk, karena selain botol aqua setengah liter banyak juga yang megang payung (sempet hujan gerimis sebentar) gede2 (kayaknya pada beli di stan GudangGaram). Tapi memang kebanyakan yg bawa payung itu bediri di belakang, jadi kalo dilempar juga gak nyampe.. Tentang suasana konser, ExDriveIn cuma keisi setengah, sampe pas sebatas panggung lampu. Tata lampu oke, ada banyak spotlight (atau skylight?) yg keliatan dari jauh sebelum nyampe di venue. Lampu panggung oke, agak lebih gemerlap dibanding dua konser Solucite. Tata suara juga lebih jernih. Sempet mati sih, waktu LogGuns manggung & ujan gerimis sebentar. Beberapa lagu yg dibawain SkidRow yg gw inget:
  • Slave to the Grind
  • Monkey Business
  • Sweet Little Sister
  • 18 & Life
  • I Remember You (setengah akustik & gak nyampe vokalnya trus jadi suara dua)
  • Psychotherapy (lagunya Ramones, dinyanyiin Rachel Bolan sementara si Salinger istarahat)
  • Youth Gone Wild

Scotti Hill jadi yg paling ekspresif, Bolan cepak, Dave G. (drummer) mirip Tommy Lee (tatonya), sementara Ryan Cook yg ngegantiin Sabo keliatan 'belum nyambung' gaya panggungnya & kebanyakan kalem.

Si Salinger ternyata satu2nya redneck dari Texas, pake topi koboi (model simpel, bukan model Tantowi Yahya), & sempet ngajak penonton tereak yiihaa!

Mungkin juga Indonesia terlalu panas cuacanya bwt SkidRow, makanya cepet kelar, padahal ada juga beberapa break (pas I Remember You yang cuma Salinger ditemenin akustikannya Cook, Salinger istirahat pas yg laen bawain Ramones, trus pas encore). Pertama kali di negara tropis kali..

Ada yg aneh jg, pas encore.. Kok cuma gw yg semangat tepok tangan minta tambah lagu? Tapi begitu bener2 kelar, malah banyak banget yg minta tambah. Ada yg salah..

Keseluruhan, gak mengecewakan sebenernya. Toh gw gak dateng sendiri & 100rb termasuk murah bwt artis luar. Di lagu2 lama, penonton juga asik2 reaksinya.

Masa depan SkidRow mungkin kurang asik, tapi kesempatan nonton konser artis luar selalu punya daya tarik tersendiri..
Not many yeahs to SkidRow, but lotsa yeahs for more concert like this..
YEAH!
 

No comments: